Home » » KISAH MISTIS PENAMBANGAN EMAS TUMPANG PITU KECAMATAN PESANGGARAN BANYUWANGI

KISAH MISTIS PENAMBANGAN EMAS TUMPANG PITU KECAMATAN PESANGGARAN BANYUWANGI




Kecamatan pesanggaran merupakan satu – satunya wilayah di kabupaten banyuwangi yang menyimpan sejuta harta karun berupa gunung Emas. Hal ini bukan sebuah mitos belaka karena memang realitanya saat ini di sana tepatnya di gunung tumpang pitu pulau merah kecamatan pesanggaran banyuwangi ada aktifitas penambangan emas yang dilakukan oleh PT Indo Multi Niaga dan ratusan penambang liar yang 24 jam slalu berada disana.
Namun dibalik aktifitas penambangan emas tersebut ternyata ada berbagai macam cerita mistis yang mengiringi mereka selama melakukan aktifitas pertambangan. Nach kali ini  Mas Say Laros sebagai warga pesanggaran akan sedikit bercerita awal mula kisah mistis di gunung tumpang pitu.
Mas say laros dilahirkan dan di besarkan di desa ringin agung kecamatan pesanggaran kabupaten banyuwangi. Sejak kecil Mas say laros sering di dongengi oleh orang Tua dan kakek jika suatu hari nanti desa pesanggaran akan menjadi kota orangnya akan kaya-kaya karena adanya emas tumpang pitu yang konon katanya di jaga oleh Ular yang bertapa yang Besar dan melingkari gunung. Cerita tersebut memang berasal dari lisan kelisan atau mungkin memang kisah tersebut berasal turun-temurun dari nenek moyang warga pesanggaran banyuwangi. Namun bagi generasi muda disana saat itu memang tidak percaya dan menganggap hanya sebagai dongeng pengantar tidur saja karena memang sampai Mas Say Laros dewasa belum pernah terbukti adanya orang yang menemukan Emas di daerah tersebut.
Tapi seiring berjalannya waktu sekitar tahun 2009/2010 –an baru banyak masyarakat berbondong bonding ke sana untuk melakukan aktifitas penambangan liar karena memang ada seseorang yang menemukan butiran emas disana dan kawasan itu diberi Patok/tanda oleh pemerintah kabupaten dan kabarnya akan dilakukan aktifitas pertambangan.
Sejak saat itulah kawasan gunung tumpang pitu kecamatan pesanggaran banyuwangi mulai dikenal oleh masyarakat diluar daerah kabupaten bahkan propinsi. Mereka datang berbondong-bondong untuk melakukan aktifitas pertambangan liar sehingga lambat laun menyulut konflik social baik diantara sesame penambang, masyarakat setempat maupun dengan pihak aparat.
 Ketika liburan kuliah mas say laros biasanya mencari informasi terkait perkembangan terkini kondisi pertambangan emas tumpeng pitu tersebut. Dari beberapa informasi yang sempat Mas say laros dapat ada beberapa cerita dibalik penambangan emas tumpang pitu terlepas itu benar atau tidak atau mungkin hanya sekedar mitos tetapi inilah hasil investigasi mas say laros untuk mendapatkan informasi dilokasi pertambangan.
Penemuan awal tambang emas ini di daerah kucur (Sumber mata air di pegunungan yang tidak pernah kering meskipun musim kemarau) di petak 56 kecamatan pesanggaran banyuwangi. Daerah kucur ini merupakan lereng pegunungan yang sejak dahulu digunakan masyarakat pesanggaran dan sekitarnya untuk bercocok tanam dan bahkan sebagai tempat untuk mencari bamboo wuluh (Pohon Bambu kecil-kecil) serta mencari Rebung (Bambu muda untuk sayur) pokoknya daerah kucur ini merupakan lahan mata pencaharian penduduk pesanggaran/Sanggar sehari-hari.
Sejak dahulu wilayah kucur ini terkenal dengan berbagai kisah mistis hal ini dibuktikan oleh beberapa orang yang ingin mencari sarang wallet di gunung tumpang pitu karena memang saat itu banyak burung wallet berterbangan di udara pada siang hari bahkan saking banyaknya sampai-sampai menutupi awan sehingga orang berjalan di bawahnya seperti berada dibawah payung karena tidak tersinari oleh cahaya matahari. Namun anehnya setelah ditunggu beberapa saat sedikit demi sedikit burung wallet tersebut menghilang tanpa jejak sehingga pencari sarang burung wallet tersebut tidak menemukan dimana letak sarang burung wallet tersebut.
Nach pada malam harinya beberapa pencari sarang wallet tersebut ditemui oleh sepasang kakek nenek yang mengaku sebagai sepasang suami istri dari jogja. Beliau berpesan agar tidak mengganggu tempat itu karena menurutnya pemilik tumpang pitu belum mengijinkan untuk mengambil harta karunnya suatu hari nanti jika sudah saatnya akan diberikan kepada masyarakat pesanggaran dan sekitarnya. Akhirnya dengan tangan hampa mereka pulang tanpa membawa hasil harta karun berupa sarang wallet yang ada hanya kelelahan karena harus begadang berhari-hari untuk mendapatkan wangsit.
Nach, di lain cerita ada salah seorang penambang liar yang mengambil tanah disana untuk dibawa pulang guna untuk di ayak agar supaya tahu ada atau tidaknya kadar emas yang terkandung di dalam tanah tersebut. Namun anehnya mereka malah bermimpi di datangi penunggu tumpang pitu untuk mengembalikan tanah yang telah di ambil tersebut.
Ada cerita lagi,dikisahkan ada seorang penambang dari daerah silir baru yang telah mendapatkan emas yang cukup melimpah namun dia bermimpi didatangi oleh seorang yang pemuda yang memberikan arahan kepadanya dimana letak emas tersebut. Ketika ditanya dalam mimpi pemuda tersebut mengaku bernama WAKIJO. Tentu saja penambang tersebut kaget dan sebagai rasa terima kasihnya tersebut ia mencari seseorang yang bernama wakijo. Beberapa hari kemudian baru ketemu bahwa wakijo itu adalah tetangga mas say laros sendiri ia memang bisa dikatakan orang gila. So, penambang itu juga kaget bagaimana mungkin sebelumnya belum pernah bertemu wakijo kok bisa dalam mimpinya bertemu dengan dia.
Terus ada lagi seorang nenek-nenek yang sedang menyusul sang suami mencari ikan sampai sore kok gak pulag-pulang. Akhirnya sang nenek tersebut menyusul ke pantai gerajakan. Tepat waktu magrib ada salah seorang nelayan yang melihat nenek tersebut jalan diatas air selangkah demi selangkah menuju ke tengah laut.Namun ketika di pergoki dia mengaku agak linglung dan marah-marah jika rumahnya di ganggu yang konon rumah tersebut terletak di tumpang pitu pesanggaran.
Biasanya ketika melakukan penambangan emas masyrakat menggali tanah sedalam mungkin untuk mengambil butiran-butiran emas dengan menggunakan alat jenset dan betel. Nach ada sedikit cerita pada saat itu ada sekitar 9 orang yang mengambil sampel tanah untuk diteliti apakah ada kadar emasnya tanah tersebut namun dari ke-9 orang tidak ada satupun yang tahu ada emasnya anehnya ketika tanah tersebut dibuang malah banyak orang yang mendapatkan emas dari sisa tanah-tanah yang dibuang tersebut.
Disamping kisah-kisah yang bernuansa mistis mengiringi mereka ternyata ada dampak social yang menimpa mereka akibat penambangan emas tumpeng pitu. Dari banyak cerita tersebut antara lain beberapa orang dari masyarakat pesanggaran saat ini mulai malas melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti tahlilan, jumatan atau selamatan dengan masyarakat sekitar karena mereka lebih sibuk nglubang (istilah pencari emas tumpang pitu) sehingga secara tidak langsung aktifitas masjid begitu sepi.
Lalu jika dahulu mata pencaharian masyarakat pesanggaran sebagai buruh tani atau mencari bamboo wuluh yang penghasilannya tidak seberapa sekarang ketika mendapatkan emas dan berpenghasilan ratusan juta banyak masyarakat yang salah tingkah membeli kebutuhan-kebutuhan yang tidak perlu dan beberapa kasus juga terkait perselingkuhan sehingga sering terjadi cekcok dengan keluarga sehingga menimbulkan perceraian.
Ada lagi ayah dan anak harus bertengkar di area pertambangan hanya merebutkan sebongkah emas lalu ada lagi kisah seorang penambang jika saat dhuhur tanah yang digali kelihatan kekuning-kuningan menandakan ada kandungan emas lalu jika ditinggal untuk melaksanakan sholat dhuhur biasanya akan hilang tanpa jejak. Memang kebanyakan sepengetahuan Mas say laros yang mendapatkan emas disana orang yang gak pernah melakukan aktifitas keagamaan. Hal ini kebetulan atau bagaimana Mas say laros juga tidak tahu.
Pelacuran-pun juga semakin merebak, hal ini terlihat adanya fenomena pelacuran terjadi disana (area pertambangan). Mungkin hal ini terjadi karena menurut para PSK adalah sebuah peluang untuk mendapatkan keuntungan tapi ya gak tau juga atau mungkin karena banyaknya pria kurang belaian karena memang banyak perantau yang datang disana dan jauh dari sang istri. Sebenarnya Mas say laros juga miris melihat kondisi ini Orang yang sudah Tua-tua sekitar umur 35-40 an masih berdandan menor dan menjadi seorang penghibur dengan berkedok jual makanan (Meskipun gak semua penjual makanan disana sebagai pengibur). Mas say laros berharap mudah-mudahan fenomena ini segera berakhir dan masyarakat pesanggaran bisa beraktifitas dengan tenang.

http://kanal3.wordpress.com/2012/08/29/kisah-mistis-dibalik-penambangan-emas-tumpang-pitu-kecamatan-pesanggaran-banyuwangi/

14 komentar:

  1. Saya tertarik setelah membaca artikel Anda, bolehkan saya mendapatkan informasi lebih lanjut dari tulisan ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu alaikum wrb,salam persaudaraan,saya Nur Mardiana biasa dipanggil Nur,awalnya saya seorang pengusaha yang sangat sukses dan aset banyak,seiring berjalanya waktu kekayaan saya berkurang dan bangkrut,saya frustasi dan hampir bunuh diri tapi saya masih usaha bagaimana caranya saya bisa seperti dulu,saya hampir putus asa niat bunuh diri kembali menghantui saya,tapi saya coba buka internet dan tidak sengaja saya melihat nomor Ki Kusumo,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi awalnya saya ragu dan sempat tidak percaya tapi tidak ada jalan lain saya hanya bermodal nekat mengikuti saran Aki syukur alhamdulillah sekarang saya bisa kembali seperti dulu,semua hutang saya lunas dan saya kembali bangun bisnis properti,saya berterimah kasih kepada pembuat room ini karna berkat room ini saya bisa ketemu nmr Aki Kusumo,Demi Allah ini pengalaman pribadi saya,ini bukan rekayasa saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada teman2,saudara,yang sedang dalam kesusahan silahkan hub nmr Aki kusumo dinmr 085257776881 insya Allah akan diberi solusi,sekali lagi terimah kasih saya ucapkan sebesar2nya pada Ki kusumo kalau bukan karna beliau saya tidak seperti ini, maaf sebelumnya yang tidak suka dengan postingan saya ,saya Nur mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya Assalamu alaikun wrb,salam persaudaraan.



























































      Assalamu alaikum wrb,salam persaudaraan,saya Nur Mardiana biasa dipanggil Nur,awalnya saya seorang pengusaha yang sangat sukses dan aset banyak,seiring berjalanya waktu kekayaan saya berkurang dan bangkrut,saya frustasi dan hampir bunuh diri tapi saya masih usaha bagaimana caranya saya bisa seperti dulu,saya hampir putus asa niat bunuh diri kembali menghantui saya,tapi saya coba buka internet dan tidak sengaja saya melihat nomor Ki Kusumo,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi awalnya saya ragu dan sempat tidak percaya tapi tidak ada jalan lain saya hanya bermodal nekat mengikuti saran Aki syukur alhamdulillah sekarang saya bisa kembali seperti dulu,semua hutang saya lunas dan saya kembali bangun bisnis properti,saya berterimah kasih kepada pembuat room ini karna berkat room ini saya bisa ketemu nmr Aki Kusumo,Demi Allah ini pengalaman pribadi saya,ini bukan rekayasa saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada teman2,saudara,yang sedang dalam kesusahan silahkan hub nmr Aki kusumo dinmr 085257776881 insya Allah akan diberi solusi,sekali lagi terimah kasih saya ucapkan sebesar2nya pada Ki kusumo kalau bukan karna beliau saya tidak seperti ini, maaf sebelumnya yang tidak suka dengan postingan saya ,saya Nur mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya Assalamu alaikun wrb,salam persaudaraan.

      Hapus
  2. saya asli Pesanggaran, saya sangat setuju dgn artikel anda, dan saya rasa gk perlu dikonfirmasi lagi, karena kegiatan yg ada di penambangan tersebut sangat benar adanya sesuai dgn isi artikel anda, tapi masih bnyak fakta yg belum anda tulis di artikel anda, krena tempat penambangan tersebut bukan tempatnya manusia, knpa bisa begitu? jawabannya setiap org yg ada disana adalah org yg sudah gelap mata, org yg hanya menuruti nafsu duniawinya, bahasa kasarnya (mereka menjadi pengganti binatang liar yg ada disana), praktek pelacuran dilakukan terang-terangan, minuman keras sudah jadi minuman sehari2, saling bunuh tidak kenal sanak saudara, dan saya rasa ini bukan awal yg baik bagi masyarakat Pesanggaran, semoga ini bukan awal kehancuran..

    BalasHapus
  3. Lokasi Ini, ancer-ancernya dimana?

    BalasHapus
  4. Aku Dr event ereng gunung tumpangpitu,, kykny biasa az melihat nya, byk.crita cuma di tambah2i

    BalasHapus
  5. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 750.000
    5.ons Rp.2.500.000
    1.kg Rp 3.750.000
    5 kg Rp 10.000.000
    10 Kg Rp 17.500.000
    15,kg Rp.20,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin,
    untuk yg mau pesan hub ;
    Hp.; 0812 4195 6724
    pin : 27BD397E
    adapun cara transakai,anda bisa datang langsung ke rumah kami. alamatnya di jl buana seli rt 016 rw 002,
    desa/kel ;labuhan, kec ;bacan, kab ; halmahera selatan, prov ; maluku utara.
    barang juga bisa kami kirim lewat jasa pengiriman tiki,jne,pos,muatan udara dan lewat kargo bandara.setelah barang
    dikirim, kami akan berikan bukti resi pengirimannya.
    INGAT..!!!!! HATI-HATI PENIPUAN DENGAN HARGA MURAH SALAH ORANG ANDA BISA TERTIPU.

    BalasHapus
  6. Assalamu alaikum wrb,salam persaudaraan,saya Nur Mardiana biasa dipanggil Nur,awalnya saya seorang pengusaha yang sangat sukses dan aset banyak,seiring berjalanya waktu kekayaan saya berkurang dan bangkrut,saya frustasi dan hampir bunuh diri tapi saya masih usaha bagaimana caranya saya bisa seperti dulu,saya hampir putus asa niat bunuh diri kembali menghantui saya,tapi saya coba buka internet dan tidak sengaja saya melihat nomor Ki Kusumo,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi awalnya saya ragu dan sempat tidak percaya tapi tidak ada jalan lain saya hanya bermodal nekat mengikuti saran Aki syukur alhamdulillah sekarang saya bisa kembali seperti dulu,semua hutang saya lunas dan saya kembali bangun bisnis properti,saya berterimah kasih kepada pembuat room ini karna berkat room ini saya bisa ketemu nmr Aki Kusumo,Demi Allah ini pengalaman pribadi saya,ini bukan rekayasa saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada teman2,saudara,yang sedang dalam kesusahan silahkan hub nmr Aki kusumo dinmr 085257776881 insya Allah akan diberi solusi,sekali lagi terimah kasih saya ucapkan sebesar2nya pada Ki kusumo kalau bukan karna beliau saya tidak seperti ini, maaf sebelumnya yang tidak suka dengan postingan saya ,saya Nur mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya Assalamu alaikun wrb,salam persaudaraan.





























































    Assalamu alaikum wrb,salam persaudaraan,saya Nur Mardiana biasa dipanggil Nur,awalnya saya seorang pengusaha yang sangat sukses dan aset banyak,seiring berjalanya waktu kekayaan saya berkurang dan bangkrut,saya frustasi dan hampir bunuh diri tapi saya masih usaha bagaimana caranya saya bisa seperti dulu,saya hampir putus asa niat bunuh diri kembali menghantui saya,tapi saya coba buka internet dan tidak sengaja saya melihat nomor Ki Kusumo,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi awalnya saya ragu dan sempat tidak percaya tapi tidak ada jalan lain saya hanya bermodal nekat mengikuti saran Aki syukur alhamdulillah sekarang saya bisa kembali seperti dulu,semua hutang saya lunas dan saya kembali bangun bisnis properti,saya berterimah kasih kepada pembuat room ini karna berkat room ini saya bisa ketemu nmr Aki Kusumo,Demi Allah ini pengalaman pribadi saya,ini bukan rekayasa saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada teman2,saudara,yang sedang dalam kesusahan silahkan hub nmr Aki kusumo dinmr 085257776881 insya Allah akan diberi solusi,sekali lagi terimah kasih saya ucapkan sebesar2nya pada Ki kusumo kalau bukan karna beliau saya tidak seperti ini, maaf sebelumnya yang tidak suka dengan postingan saya ,saya Nur mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya Assalamu alaikun wrb,salam persaudaraan.

    BalasHapus
  7. Indonesia memang kaya tpi lapangan krja kurang terutamanya didesa..jdi bnyak rakyatnya msih kerja luar negeri... bgi saya ada tmbang emaspun percuma kalo rakyatnya masih luntang lantung dinegara orang...mohon diperbaiki...karna kami cinta indonesia

    BalasHapus
  8. POKERPAIR88.ME buat yang mau main Poker Online, Live Poker, Domino Qiu-Qiu, Bandar Ceme, Ceme Keliling, Capsa Susun. Minimal deposit dan withdraw 10 ribu. Proses Depo WD super cepat. BBM : 7B1D03C3 , Line : pairbet

    BOCA88.COM : Judi Bola (Sportsbook), Casino Online (Baccarat, Roulette, Sicbo & Rolling Ball), Keno, Sabung Ayam (Cock Fight) dan 3D Game. Minimal deposit dan withdraw 10 ribu. Proses Depo WD super cepat BBM : D3CC11C5 , Line : Gaple28 , WA : 081267595721

    BalasHapus
  9. Agen Casino Terbaik
    Agen Situs Terbaik
    https://bit.ly/2ENk1VF

    Yuk Gabung Bersama Kami Sekarang Dan Nikmati Berbagai Macam Bonus Menarik Lain Nya Seperti:

    *Bonus New Member 120%
    *Bonus New Member 50%
    * Bonus New Member 30%
    * Bonus New Member 20% Khusus Poker
    * Bonus Referral
    *Bonus Rollingan Casino Hingga 0.8%
    *Bonus 5% setiap hari
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    WA : 081358840484
    BBM : 88CSNMANTAP
    Facebook : 88Csn
    -www.jeruk88.com

    BalasHapus

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kampus Wong Osing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger